LOGO gerung
Beranda > Berita > Forkopincam Gerung Turut Sukseskan Bulan Penimbangan Tahun 2023
GERMAS

Forkopincam Gerung Turut Sukseskan Bulan Penimbangan tahun 2023

Posting oleh gerunglobar - 15 Feb. 2023 - Dilihat 96 kali

Forkopincam Gerung Turut Sukseskan Bulan Penimbangan

Gerung - Bulan Februari merupakan bulan penimbangan anak balita. Selain itu di bulan Februari dan Agustus anak mendapatkan Vitamin A dibagikan secara gratis. Ada dua macam Vitamin A yang didapatkan yakni Vitamin A kapsul biru dengan dosis 100.000 IU untuk anak usia 6-11 bulan dan Vitamin A kapsul merah dengan dosis 200.000 IU untuk anak usia 12-59 bulan. Vitamin A dalam bentuk kapsul merah juga diberikan kepada ibu nifas.

Turut hadir H. Mulyadi, SH Camat Gerung Sekretaris Kecamatan Bq. Adilah, Lurah Gerung Utara Riyanto Harjo Ilyas, S.STP beserta jajaran, Kaling Babakan, PUB Puskesmas Gerung Ns. H. Hasmuni Budiawan, S. dan jajaran, Bhabinkamtibmas serta lintas sektor PLKB hadir mensukseskan bulan penimbangan.

"Ditempat yang sama Tim PPS (Percepatan Penurunan Stunting) Tingkat Kecamatan menggelar Telurisasi. Pembagian telur ini dilaksanakan di semua desa. Sasaran yang mendapatkan telur adalah sasaran yang berisiko/BGM" ungkap Linda petugas PLKB.

Penimbangan merupakan langkah awal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Penimbangan yang rutin dilakukan setiap bulan di Posyandu, hal ini bertujuan untuk mengetahui atau deteksi dini apakah bayi /balita sakit atau tidak, Pada bulan tersebut selain dilakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Hasil penimbangan dan pengukuran tersebut dapat mencerminkan status gizi balita yang merupakan tolak ukur status gizi masyarakat.

Terpantaunya bayi dan balita akan status gizi dan kesehatannya merupakan langkah awal orang tua dalam menerapkan pola asuh yang bersih dan sehat untuk memenuhi hak anak untuk hidup sehat. Dengan mengetahui berat badan dan tinggi badan anak, dapat diketahui indikasi stunting pada anak sedari dini.
Kenapa harus mengkonsumsi Vitamin A? Seberapa penting Vitamin A untuk tubuh kita?karena Vitamin A adalah salah satu zat gizi penting yang larut dalam lemak dan disimpan dalam hati, tidak dapat dibuat oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi dari sumber-sumber makanan dari luar.
Mengkonsumsi vitamin A bagi balita sangat banyak manfaatnya, seperti
1. Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.
2. Membantu proses penglihatan dalam adaptasi terang ke tempat yang gelap.
3. Mencegah kelainan pada sel-sel epitel termasuk selaput lender mata.
4. Mencegah terjadinya proses metaplasi sel-sel epitel sehingga kelenjar tidak memproduksi cairan yang dapat menyebabkan kekeringan mata.
5. Mencegah terjadinya kerusakan mata hingga kebutaan.
6. Vitamin A esensial untuk membantu proses pertumbuhan.
Selain vitamin A, pelayanan lainnya tetap dilaksanakan seperti Imunisasi, Posbindu PTM Lansia. Ayo ayah bunda ajak balita ke Posyandu terdekat.


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *