LOGO gerung
Beranda > Berita > Minilokarya Lintas Sektor Kecamatan Gerung , " Maju Bersama Tanggulangi St…
LINTAS SEKTOR

Minilokarya Lintas Sektor Kecamatan Gerung , " Maju Bersama Tanggulangi Stunting "

Posting oleh gerunglobar - 26 Sep. 2022 - Dilihat 135 kali

Gerung, 22 September 2022

kegiatan Minilokarya di hadiri oleh Camat Gerung, Kepala Dinas kesehatan sebagai Nara Sumber , DP2KBP3A, Ketua Tim Penggerak PKK Kec, Gerung, Koordinator PKH Kecamatan Gerung, Lurah / Kepala Desa , Ketua PKK Desa, Kader Posyandu dan Tim Puskesmas Dasan Tapen dan Gerung.

Kegiatan Pertemuan Minilokakarya lintas sektor yang di laksanakan setiap 3 bulan sekali, kegiatan lintas sektor di laksanakan di lingkup Kecamatan Gerung baik wilayah kerja Puskesmas Gerung maupun wilayah kerja Piskesmas Dasan Tapen. kegiatan ini menjadi Forum untuk Evaluasi , Koordinasi , Penggalangan dukungan, khususnya dalam pembangunan kesehatan.

permasalahan Kesehatan masyarakat di kecamatan Gerung saat ini, antara lain adanya kendala dalam pencapaian target beberapa indikator program kesehatan seperti :

1.kasus kasus lain seperti penyakit menular masih banyak menimpa masyarakat seperti : TBC, DBD, Diare dan lain lain.

2.demikian juga penyakit tidak menuar antara lain seperti Diabetes militus, Hipertensi dan lain lain juga banyak di derita oleh masyarakat.

3. masih ada masyarakat yang menolak pemberian imunisasi

4. prilaku sebagian masyarakat yang belum menerapkan prilaku hidup sehat dan bersih, hal teresbut memberikan kontribusi terhadap munculnya beberapa permasalahan kesehatan.

5. masih ada masyarakat dengan kategori tidak mampu belum terkafer oleh jaminan kesehatan.

6.Belum semua anak bayi/ balita kita secara rutin menimbang di posyandu yang berakibat tidak terpantaunya  pertumbuhan dan perkembangan anak bayi/balita kita setiap bulannnya,

7. masih di temukan anak balita dengan masalah Gizi seperti Berat badannya di bawah garis Merah ( BGM), Stunting, Gizi kurang maupun Gizi Buruk.

8.Hasil Penimbangan dan pengukuran di posyandu pada bulan Agustus  2022 di Kecamatan Gerung  prevalensi stunting sebesar 19.65 ,% masih lebih tinggi sedikit dari kabupaten yaitu 18,98%..

Untuk kasus stunting yang saat ini menjadi isu nasional , perlu perhatian seluruh komponen yang ada dalam upaya pencegahan dan pengendalian, maka tema  minilokakarya Lintas Sektor sangat tepat sekali " Maju Bersama Tanggulangi Stunting".

 

 


Silahkan beri komentar

Email tidak akan di publikasi. Field yang harus diisi ditandai dengan tanda *