LOGO gerung
Beranda > Artikel > Waspada Demam Berdarah Dan Chikungunya
Artikel

Waspada Demam Berdarah Dan Chikungunya

Posting oleh puskesmasgerunglobar - 29 Maret 2023 - Dilihat 668 kali

Demam Berdarah (DBD) atau Chikungunya merupakan penyakit yang ditularkan melalui nyamuk. Penyakit Chikungunya ini disebabkan virus, sering disebut juga flu tulang, karena infeksi virus ini mempengaruhi persendian.

Nyamuk yang menularkan penyakit ini Aedes aegypti yang merupakan nyamuk penyebar demam berdarah juga.

Pada beberapa kasus, Chikungunya tidak menimbulkan gejala apa pun. Akan tetapi, kebanyakan penderita mengalami gejala yang timbul dalam 3-7 hari setelah tergigit oleh nyamuk pembawa virus.

Gejala yang timbul tersebut umumnya dapat berupa :

1.      Demam hingga 39°C

2.      Ruam kemerahan

3.      Nyeri otot dan sendi.

4.      Nyeri tulang

5.      Sendi bengkak

6.      Sakit kepala

7.      Lemas

8.      Mual

Pada umumnya, gejala di atas akan membaik dalam 1 minggu. Namun, pada sebagian penderita, nyeri sendi dapat berlangsung hingga berbulan-bulan. Selain itu, meski sangat jarang, gejala chikungunya yang parah juga bisa menyebabkan kelumpuhan sementara.

Demam berdarah dengue atau chikungunya banyak dijumpai terutama di daerah tropis dan sering menimbulkan kejadian luar biasa (KLB).

Beberapa faktor yang mempengaruhi munculnya antara lain :  kepadatan populasi nyamuk penular karena banyaknya tempat perindukan nyamuk yang biasanya terjadi pada musim penghujan dimana banyak timbul genangan-genangan air di sekitar pemukiman seperti talang air, ban bekas, kaleng, botol, plastik, gelas bekas air mineral, lubang pohon, pelepah daun dan lain-lain yang ada di sekitar kita.

Tampungan-tampungan air di dalam rumah seperti bak mandi semuanya menjadi tempat yang disenangi nyamuk sebagai tempat perindukannya.

Mulai sekarang pantau dan jaga kebersihan lingkungan luar dan dalam rumah (yankes.kemkes.go.id).